Menciptakan Negara yang Bersih

Saat ini di ibukota kita Indonesia, di Jakarta, termasuk di daerah rumah saya dilanda banjir. Banjir seakan-akan menjadi teman akrab keluarga saya saat musim hujan tiba. Sejak dahulu sampai saat ini, entah mengapa masalah ini tidak pernah selesai.

Ada banyak sekali faktor penyebab terjadinya banjir, antara lain sampah yang tidak bisa dikelola dengan baik, lingkungan yang tidak memperhatikan kebersihan, dan yang paling berpengaruh yaitu rendahnya kesadaran masyarakat tentang membuang sampah pada tempatnya  untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Lihatlah, misalnya negara Singapura dan Malaysia mereka sangat memperhatikan  kebersihan lingkungan, dengan menerapkan denda bagi warganya yang membuang sampah sembarangan. Bila dibandingan dengan negara kita Indonesia, jauh sekali.

Hal ini terjadi karena peraturan yang dibuat tidak cukup kuat untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan. Sekarang ini sudah jarang sekali masyarakat  mengadakan kerja bakti, disebabkan oleh kesibukan mereka akan pekerjaan mereka. Bila musim hujan tiba, baru kita sadar ancaman banjir akan segera datang.

Untuk itu mari kita tanamkan pada diri kita kesadaran manjaga kebersihan lingkungan sekitar, mulai dari lingkungan keluarga, apabila tiap keluarga sudah terbiasa untuk menjaga kebersihan, maka akan tercipta lingkungan yang bersih dimanapun kita berada.

Apabila lingkungan bersih, maka otomatis negara pun akan menjadi negara yang bersih. Semoga kita semua menyadari pentingnya kebersihan lingkungan dan mewujudkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadi, yuuuk kita menjaga kebersihan lingkungan mulai dengan membuang sampah pada tempatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s